Latar Belakang

Portofolio Indonesia lahir dari keprihatinan para praktisi pasar keuangan dengan banyaknya investasi bodong di Indonesia. Korban investasi bodong di negeri ini dalam 10 tahun terakhir ini mencapai 10 Milliar dollar, yang mana mayoritas korbannya adalah kelas menengah yang tidak mempunyai literasi finansial yang cukup.

Literasi finansial di indonesia masih sangat rendah, hanya 38% menurut data OJK. Akibatnya, banyak pelaku investasi, baik di pasar modal maupun pasar keuangan derivatif yang tidak mengerti bagaimana mengelola resiko. Penyedia produk investasi yang ada saat ini kerap tidak mengutamakan pengendalian resiko. Mereka lazim memakai narasi pemasaran yang menyesatkan, dengan mengunggulkan potensi keuntungan yang bisa dihasilkan tanpa sedikitpun menyinggung soal pengendalian resiko. Wajar saja, karena skema bisnis yang dilakukan penyedia produk investasi adalah meraup keuntungan dari biaya komisi yang dikenakan oleh investor. Dana investor yang dikelola oleh manajer investasi pun kerap tidak transparan, baik detil pengelolaannya maupun kompetensi pengelolanya.

Hal inilah yang menjadi alasan kami membangun Portofolio Indonesia. Kami ingin agar pengelolaan dana investasi di pasar modal maupun perdagangan derivatif diurus oleh praktisi yang peduli dengan perkembangan dan keamanan portofolionya. Praktisi ini merupakan orang yang telah bergelut di dunia pasar keuangan selama bertahun-tahun menggunakan dana pribadinya, bukan orang yang menjual muka dan sertifikasi tanpa bukti performa yang jelas.

Untuk itulah, kami memiliki visi untuk mendemokratisasi industri investasi. Platform Portofolio melakukan ulasan independen atas berbagai praktisi pasar keuangan serta metode perdagangan pasar keuangan yang mereka lakukan. Kemudian kami memungkinkan investor pemula untuk melakukan perdagangan otomatis dengan meniru praktisi yang telah berpengalaman tersebut. Semua aktivitas perdagangan dilakukan secara transparan, dengan risiko terukur, dan dilakukan oleh praktisi yang sudah terbukti metodenya.

Dengan konsep ini, baik praktisi pasar keuangan maupun investor pemula sama-sama bisa meraih keuntungan dan bertumbuh bersama secara demokratis.

Subcribe to our Newsletter